Service Toshiba bomba 21 inci gambar mengecil atas bawah



Assalamualaikum wr.wb

Langsung aja gan dalam kesempatan kali ini ane akan coba share pengalaman service TV Toshiba bomba gambar mengecil atas bawah,pertama-tama TV Tersebut tidak mau star lalu  ane buka tutup belakang kemudian membersihkannya,dan sambil di amati terlihat jelas banyak solderan yang pada retak terutama di blok vertikal lalu ane solder ulang setelah selesai di solder tv langsung di nyalakan,alhamdulillah tv tersebut mau hidup,tapi masih ada kendala gambarnya mengecil bagian atas bawah,dan ane matikan lagi tv tersebut dan langsung menuju bagian blok vertikal dimana kerusakan tv tersebut menandakan bagian vertikalah yang mengalami kerusakan ane amati komponen di area vertikal tapi tidak ada tanda-tanda komponen mencurigakan semuanya kilahatan masih pada bagus ane penasaran lalu ambil multi tester dan coba tes tegangan pada bagian vertikal pemburuanpun dilakukan. tv ane nyalakan kembali dan mulai menganalisa tegangan yang masuk pada pin ic vertikal dengan seri:TA8403K

setelah melakukan pengecekan mulai dari pin 1 sampai pin 7 akhirnya  menaruh kecurigaan pada pin 4 (input vertikal) pencarianpun beralih ke sumber input ic vertikal tersebut yaitu :IC CHROMA TB1226DN

pin52 =VERT RAMP

pin53 =VERT OUT

pin54 =VERT NF

dari sinilah baru ketemu biang keroknya yang membuat tv tersebut jadi melipat atas bawah,yaitu out vertikal ic chorma, Pada C302 50/2.2uF. C315  50/1uF dalam kondisi drop/kering.dan setelah penggantian kedua komponen tersebut alhamdulillah tvpun normal kembali.(TERIMAKASIH YA ALLAH..)

Kesempulan dari keterangan di atas:

1. yang membuat tv tersebut tidak mau hidup,retaknya solderan di area vertikal

2. yang membuat layar mengecil atas bawah ngedropnya input ic vertikal yang disebabkan kerusakan pada vertikal out  IC CHORMA.

Sekian pengalaman ane mengenai:TV Toshiba bomba 21 inci gambar mengecil atas bawah.semoga ada manfaatnya mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum. wr.wb

wahid N


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 WGS SERVICE - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger