SERVICE TV LG FLATRON 21 IN LAYAR SETENGAH

Assalammualaikum wr.wb

Sore Ini Ane dapat servisan TV LG 21 in Flatron Dengan seri  21FC1AG Dengan Kerusakan Layar hanya setengah seperti gambar berikut

Seperti biasa ane bongkar tutup belakang dan bersihkan dari semua debu supaya lebih gampang ngeanalisanya,sesudah bersih lalu ane solder ulang komponen di area vertikal sekiranya pada retak-retak,setelah di solder ulang coba tes lagini tv barangkali hanya kendor pada solderannya,tanpa pikir panjang ane nyalakan tv tersebut dan hasilnya sangat mengecewakan keadaan tv tidak ada perubahan sama sekali,lalu tv dimatikan kembali pemburuanpun langsung di mulai,pertam ane cek C221 25vol 1000 uf hasilnya normal berlanjut C307 35vol 100uf ohhh sedikit melembung anepun langsung ganti dengan yang baru,berlannjut C308 16vol. 47 uF. C312 50Vol. 0.68uF,Dan langsung tes lagi tu tv trek..tv nyala waduh...sami mawon tidak ada perubahan,Pemburuanpun berlanjut Pada R313 20k ohm,di tes ternyata masih normal,belnjut kecurigaan pada D302  cek ternyata normal lanjutkan Cek D301 Waduh Normal juga,Mulaini Pala pening,,istirahat dulu ah... karena bentar lagi adzan Magrib dan ane pikir abis isya di lanjutkan,,sehabis isya perburuanpun di lanjutkan mencari penyebab tv tersebut,dan ane siapkan multi tester dan langsung pengukuran pada PIN In Out IC Vertikal LA78040B dimana tv ini memakai ic tersebut,dan ane ukur satu persatu tegangan padakaki ic tersebut dan ternyata normal semua dari pin satu sampai pin 7 berikut contoh pin out ic LA78040B:

PIN 1: in 2.5/4 vol

PIN 2: vcc1 24.vol

PIN 3: pumpout 2.2.vol

PIN 4: Ground

PIN 5: OutPut 12.vol

PIN 6: vcc2 24.vol

PIN 7: Non Input 2.5/4.vol

Dari hasil pengukuran tersebut menunjukan semeua tegangan in out normal,udadah saya langsung memponis si biangkeroknya adalah DY (defleksi Yok) tanpa pikir panjang  langsung menuju DY lihat gambar:
Pada bagian vertikal ada empat tiang apa empat kaki ya,pokonya gitudah kabel warna oranyebagian kiri kabel warna kuning bagian kanan, dan saya coba pindahkan kabel berwarna oranye ke kaki no 2 dari kiri lihat gambarPerhatikan baik-baik jangan sampai salah pasang,
ane langsung colakan kabel ac dengan penuh semangat dan keyakinan tes tv tersebut dan trak...gambarpun langsung normal,Alhamdulillah Ya Rob...dan di coba kurang lebih 30 menit tidak ada masalah lagi. eat..tunggu dulu ada lagi ni...sebelum saya tutup tv tersebut, muncul penasaran pada pikiran pengen coba lagi mengembalikan kabel warna oranye seperti semula tanpa pikir  langsung pasang dan  tes lagi tv tersebut dan trak...tv nyala normal aduh.. bingung sekarang ko jadi normal...Alhamdulillah ya..Rob..Saya tes nonton bola sampe habis dan tv tersebut Normal.  Sekian   semoga dapat bermanfaat, ini semua berdasarkan pengalaman bukan bermaksud untuk mengajari temen-temen se propesi,saya harap kita saling berbagi dan sayapun masih tahap belajar.Terimakasih,

Wassalam

Wahid N
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 WGS SERVICE - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger